Tuesday, March 22, 2011

Keistimewaan Angka 19

Assalammu’alaykum wr. wb.
Kali ini, saya akan sedikit mengupas tentang keistimewaan angka 19. Berawal dari comment di friendster yang bertahun-tahun lalu saya simpan. Isinya kurang lebih seperti ini...
clip_image001
Lalu, saya mencoba berselancar di dunia maya, saya tanya ke mbah gugel, apa keistimewaan lain dari angka ini. Berikut, hasilnya...
Dalam kitab suci Al-Quran banyak terkandung rahasia-rahasia yang harus dipikirkan oleh umat manusia. Memang, beberapa ayat Al-Quran menjelaskan bahwa manusia diminta untuk menggunakan akal fikirannya untuk memikirkan arti dan kandungan ayat-ayat Allah, baik yang implisit maupun eksplisit. Salah satunya, yang baru diketahui manusia sekarang adalah rahasia angka dalam Al-Quran. Misalnya, sebuah angka dari sekian banyak dan paling sering muncul di dalam Al-Quran adalah angka 19. Angka 19 itu didapat dari berbagai perhitungan, salah satunya adalah Kita tahu bahwa kalimat Bismillahirrohmanirrohim dalam abjad aslinya yaitu Abjad Arab jumlah hurufnya adalah 19. Selain jumlah huruf bacaan basmalah yang 19, jumlah seluruh huruf dalam Alquran adalah 330733, yang bila dibagi dengan bilangan 19 akan ditemukan angka 17407 x 19.
Tengok juga secara keseluruhan jumlah surat di dalam Alqur’an adalah 114 surat yang merupakan kelipatan bilangan 19 juga. Dan tiap-tiap surat dimulai atau diawali dengan kalimat Bismillahirrohmanirrohim, kecuali surat ke-9 yaitu Attaubah yang tidak diawali dengan kalimat itu. Mungkin itulah yang dimaksud dalam Alquran surat Al-Muddats-tsir, ke 74 ayat 30; ”Dan di atasnya ada sembilan belas.” Timbul pertanyaan,”Jika demikian halnya, berarti jumlah kalimat Bismillahirrohmanirrohim tadi hanya berjumlah 113 dong ?” Jangan khawatir, Alqur’an itu bukan buku karangan atau ciptaan manusia sebagaimana tuduhan orientalis Barat bahwa Bacaan Mulia tsb adalah karangan Muhammad. Ia adalah ciptaan Maha Pencipta yang tidak ada satupun cacat pada setiap ciptaan-Nya.
Jika kita rajin membaca atau mengkaji Alqur’an maka pada surat ke-27 atau An-Naml akan kita dapati dua kalimat pembuka tadi, yaitu pertama di awal surat dan kedua di ayat ke-30. Jadi lengkaplah jumlah kalimat itu 114 buah.
Surat pertama atau wahyu pertama yang diterima Nabi adalah lima ayat pertama dari surat ke-96 yaitu Al-Alaq. Perhatikan bahwa surat Al-Alaq ini jumlah ayatnya adalah 19 dan di dalam susunan Alqur’an sendiri jika dilihat dari depan maka ia terletak pada urutan ke 96 yang juga merupakan kelipatan 19. Jika diurut dari belakangpun maka surat Al-Alaq ini berada pada hitungan ke-19. Menakjubkan bukan?
Menurut seorang penulis dari Mesir (sayang saya lupa namanya) di dalam bukunya yang membahas angka 19 ini, ia katakan bahwa penyusunan Al-Qur’an adalah berdasar sistem kunci dengan angka 19 ini. Sehingga akan sangat mustahil bagi manusia biasa -termasuk Nabi atau malaikat sekalipun - untuk mengarang atau menyusun sebuah buku dengan cara yang sedemikian rupa. Sub hanallah!
Di sisi lain, jumlah rakaat salat selama setahun dengan jumlah ayat dalam Alquran. Bila dihitung, jumlah rakaat salat wajib (5 waktu) dalam 1 tahun qomariah adalah 6018 rakaat, ditambah 319 rakaat salat tarawih – witir di 29 hari Ramadan, dan 4 rakaat salat Id (Fitri & Qurban), maka ditemukan angka 6341. Subhanallah, angka ini sama dengan jumlah ayat dalam Alquran, minus 7 ayat Al Fatihah, yakni 6341.
Contoh lain, bacaan Allahu Akbar yang diucapkan pada shalat Tarawih dan Witir dengan hari Ramadhan 29 ditambah shalat Ied, akan didapat jumlah 1.786. Angka itu kalau dibagi 19, didapat 94. Adapun angka 94 merupakan jumlah kalimat Allahu Akbar dalam shalat lima waktu; Subuh 11 kali, Dzuhur 22 kali, Ashar 22 kali, Maghrib 17 kali, dan Isya 22 kali.
Keunikan angka 19 sebagai bilangan kunci dalam Al-Qur’an tidak berhenti sampai di situ saja. Pada beberapa surat kita dapati potongan-potongan huruf yang mengawali surat tsb, misalnya Al-Baqoroh, yaitu, alif lam mim, Ali Imran yaitu juga alif lam mim dan beberapa surat lagi yang jika kita hitung jumlah huruf yang disebutkan itu, maka akan kita dapati jumlahnya merupakan kelipatan 19. Untuk pembuktian silakan anda coba hitung sendiri.
Subhanallah...Itu lah sedikit ulasan mengenai angka 19. Tulisan ini saya buat atas dasar ingin tahu lebih banyak dari yang sedikit saya peroleh sebelumnya. Sekian.
Wassalammu’alaykum wr. wb.
Sumber :
Bila ingin tahu lebih banyak klik link di bawah ini,

0 comments:

Post a Comment